Senin, 08 Februari 2010

MENGENALI KINERJA DAN KEGUNAAN BUSI

Busi,jika dilihat dari bentuknya yang relatif kecil,mungkin hanya barang yang sepele dengan harga yang mudah terjangkau untuk dpt membelinya.namun,jika tak terawat atau bahkan terabaikan bisa jadi efeknya akan mengakibatkan dompet anda akan sering terkuras isinya.
Berikut sedikit informasi mengenai kondisi busi yang bisa jadi petunjuk kondisi mesin.

1.NORMAL
Elektroda busi yang pembakarannya normal biasanya berwarna abu-abu terang atau coklat kemerahan.dapat dipastikan kondisi mesin,settingan mesin,waktu pengapian dan type busi dalam keadaan sempurna dan sesuai dengan keadaan pabrik.

2.BANYAK ABU HITAM
Pada ujung Insulator,elektrode dan busi tertutup abu sisa pembakaran yg kering tapi lembut.
penyebabnya adalah setelan angin nggak pas,campuran bensin terlalu boros,saringan udara tersumbat,cuk macet,tipe busi yg dipakai terlalu panas,dan juga dapat disebabkan karena rendahnya kompresi.
Akibatnya asap knlapot hitam (mirip mesin solar),bensin jd terasa boros,susah start saat mesin dingin (biasanya terjadi saat pagi hari).
Solusinya bisa dgn periksa setelan angin,posisi jarum skep,seluruh saluran angin di karburator,ganti busi dgn yag sesuai,periksa cuk,bersihkan saringa udara.

3.ARANG HITAM BASAH
Ujung Insulator,elektrode dan busi tertutup lapisan oli warna hitam yg agak basah.
Penyebabnya terjadi kebocoran ruang bakar sehingga oli naik ke ruang bakar,tekanan oli terlalu tinggi,permukaan silinder oblak,katup dan bos katup aus,jumlah oli mesin melebihi kapasitas,campuran oli samping dan bensin nggak pas (untuk 2 tak),tekanan udara di bak oli terlalu tinggi.
Akibatnya,pembakaran tidak sempurna,busi cepat mati,mesin susah hidup,bensin boros dan tenaga mesin loyo.
Solusinya bakal parah dh,wajib turun mesin,periksa sil klep,piston beserta ringnya,periksa campuran bahan bakar dan oli (untuk 2 tak),ganti busi baru,periksa selang pernafasan blok oli.

4.LAPISAN KUNING BASAH
Ujung insulator menunjukkan warna kuning agak coklat muda,kadang muncul warna hijau rada basah.
Penyebabnya bensin dan oli tercemar bahan lain seperti air atau pemakaina fuel additive yg nggak cocok.
Akibatnya mesin trsendat dan lambat berakselarasi.kondisi busi sprti ini menyebabkan misfiring (knalpot meledak-ledak krna bahan bakar tdk trbakar habis).
Solusinya,seting kembali campuran bahan bakar,ganti additif dan busi baru.dalam hal ini penggunaan kembali busi lama yg dibersihkan tdk dianjurkan.krna,biasanya masih bnyk trdapat arang di sela busi.

5.KERAK BERLEBIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar