Jumat, 19 Februari 2010

CARA PASANG BUSI (POSISI BUSI SEMPURNAKAN PEMBAKARAN)

Busi,sekali lg akan coba saya bahas di postingan trbaru ini.kali ini yg akan dibahas adalah mengenai posisi pemasangan busi.sepintas,pemasangan busi tidaklah merepotkan&tidaklah memberi efek berarti untuk pembakaran diruang bakar.tapi,jika diperhatikan lebih detail,posisi pemasangannya sangat memberi efek trhadap kesempurnaan pembakaran.

Apa saja yang harus di perhatikan dalam pemasangannya???

untuk langkah awal adalah memperhatikan posisi kepala busi.paling bagus,posisi gap kontak atau spark plug gap kepala busi (yg tidak trhalang top ground elektroda yg mirip cakar) harus diposisikan mengarah lubang aliran masuk gas bakar.dengan begitu,kemampuan pembakaran akan semakin cepat dengan intensitas serta besar percikan api busi lebih sempurna.
Untuk type mesin 4 tak,posisinya harus diarahkn ke katup klep in,sedangkan untuk type mesin 2tak,posisinya diarahkan ke lubang intake karbu.

Bagaimana cara mengatur agar dapat posisinya yg pas???

yg paling gampang nh,sebelum dipasang tandai dulu posisi kepala busi dengan garis spidol di bodi busi.dijamin pas posisinya tnpa harus meraba-raba.
Perhatikan panjang pendek ulir busi.hal ini sangat berpengaruh trhadap jarak titik bakar dgn ruang bakarnya.perhitungannya"Semakin dekat jarak titik bakar busi,akan didapat jg kesempurnaan pembakarannya".
cobalah pilih busi dengan ulir yg lebih panjang.Misalkan,buat anda yg menggunakan motor bebek Honda,Busi Hoanda Karisma-lah yg memiliki jarak ulir paling panjang.

Takut terjadi kontak dengan Piston krna jaraknya trlalu dekat??

Pada dasarnya klo kita ngga utak-atik dalaman mesin seperti diganti piston atau distroke,y ngga akan tahu.
jika kurang yakin,coba trik dengan pengganjalan ring gasket busi.setelah dipasang,tes dengan starter kaki secara perlahan.setelah dites,coba buka busi dan lihat apakah ada perubahan pada busi atau tidak.jika gap busi berubah menyempit atau mentok center elektroda,berarti busi trlalu panjang dan harus ditambah lg ring gasketnya,tapi klo ngga,dijamin motornya makin ngacir dh..

Pemasangan busi memang sering dianggap sepele,tp jk hal yg sepele kita perhatikan dgn detail,bukan ngga mungkin motor yg kita gunakan akn lebih bisa dimaksimalkn fungsinya...

SELAMAT MENCOBA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar